Lampung Traveller

Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung

Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung


Teluk Lampung menyimpan berbagai kekayaan hayati dan ekosistem yang masih terjaga hingga saat ini, salah satunya adalah Pulau Tegal Mas. Pulau dengan beragam keindahan eksotis yang dikelola secara modern.

Selain menyimpan kekayaan hayati dengan ekosistem yang masih terjaga dan masih layak. Teluk Lampung juga memiliki pulau surga dengan panorama alam yang indah, Pulau Tegal Mas.

Pantau hijau jernih bagai permadani dengan beragam cottage alami yang berdiri dan menghadap langsung perairan pantai yang dangkal serta bersisian dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih.

Sesekali sekumpulan ikan hias laut kecil asyik bermain dan mencari makan di antara terumbu karang yang masih alami dan berukuran besar.

Suasananya yang tenang membuat siapapun yang berkunjung ke Pulau Tegal Mas terasa betah, seolah tak ingin kembali ke 'dunia luar' yang penuh dengan hiruk pikuk. 

Pulau Tegal Mas, memang amat direkomendasikan untuk menenangkan diri maupun menghilangkan penat dan stres yang paling mujarab.


Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung


Mengenal Pulau Tegal Mas

Pembangunan Pulau Tegal Mas menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya pihak swasta dalam turut serta memajukan industri pariwisata di Lampung.

Proses pembangunannya pun dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan keberlangsungan ekosistem pulau hingga habitat alami yang ada di perairan pantai maupun pula di sekitarnya.

Melalui upaya pengelolaan obyek wisata yang berwawasan lingkungan itu pulalah, kini Pulau Tegal mas menjadi salah satu ikon pariwisata Lampung bahkan Indonesia.


Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung


Keindahan Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas tentu saja menjadi tempat yang tepat untuk yang ingin berbulan madu romantis dengan suasana pulau yang indah bersama pasangan. Menikmati sunset di tepian cottage yang dibangun di tengah pantai sembari melihat perahu-perahu nelayan yang pulang dari mencari ikan.

Di pagi hari, sinar mentari yang hangat menerobos melalui jendela kayu yang mampu memberikan rasa nyaman terlebih ketika menikmati keindahan pagi hari di Pulau Tegal Mas sembari menikmati secangkir kopi dengan sambutan ikan-ikan nemo yang sesekali hadir di antara terumbu karang.

Perairan Pantai yang Tenang bak Danau

Nyaris tak ada riak ombak di pulau Tegal Mas yang tertutup pulau-pulau lain di sekitarnya. Riak-riak air pantai dengan buih-buih ombak hanya terlihat sesekali ketika gelombang laut berhasil lolos diantara pulau.


Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung


Menikmati Snorkeling di Pulau Tegal Mas

Berenang di pantai atau snorkling di Pulau Tegal Mas adalah cara lain menikmati surga di Teluk Lampung ini, bercanda dengan ikan nemo yang bersembunyi di antara terumbu karang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jika beruntung, kita akan bisa menjumpai penyu hijau berukuran besar di perairan pantai yang dalamnya kurang dari 2 meter. Usai snorkling, hamparan pasir putih disepanjang Pulau Tegal Mas yang lembut jadi pilihan lain untuk berjemur menikmati hangatnya matahari pagi atau menunggu sunset.


Pulau Tegal Mas, Sepenggal Surga Eksotis di Teluk Lampung


Bermain Banana Boat dan Jetski

Atau bermain kayak, banana boat atau bahkan bermain jetski bersama keluarga di perairan pantai yang tenang di sekitar Pulau Tegal Mas.

Perairan pantai di pulau ini yang memiliki kontur terbaik menjadi spot yang ideal untuk bermain berbagai wahana air seperti banana boat bersama keluarga maupun bermain jetski.

Menjelajah Pulau Tegal Mas dengan ATV

Tak hanya bermain dan beraktivitas di pantai, Pulau Tegal Mas juga memiliki wahana lain seperti ATV maupun offroad. Kontur pulau yang berbukit akan menjadi tempat untuk memicu adrenalin mengendarai ATV hingga ke puncak bukit.

Di sekitar pulau seluas sekitar 98 hektar. Berkeliling di sekitar pulau dengan flora maupun fauna yang masih terjaga juga memberikan sensasi tersendiri. Beberapa bagian pulau yang menyerupai bukit menjadi pilihan melihat Kota Bandar Lampung.

Bercengkerama dengan Penduduk Asli Pulau Tegal Mas

Atau, ada juga hal menarik di Pulau Tegal Mas, yakni keberadaan penduduk asli Pulau Tegal Mas yang masih amat sederhana. Kamu bisa menyaksikan bagaimana mereka mengolah ikan hasil tangkapannya menjadi ikan asin atau ikan asap.

Di pulau ini, terdapat kelompok kecil penduduk asli Pulau Tegal Mas yang terkenal akan keramahannya dan berprofesi sebagai nelayan. Berada di perkampungan ini, akan terasa menyenangkan termasuk belajar mencari ikan bersama nelayan. 

Atau kamu juga bisa ikut bersama dengan mereka mencari ikan yang cukup dilakukan di sekitar perairan pulau dengan hanya menggunakan jala atau pancing. Jika sedang musim angina barat, melihat nelayan asli Pulau Tegal Mas saat menangkap sotong juga akan memberikan keseruan tersendiri khususnya saat melihat bagian pantai yang tiba-tiba menjadi hitam karena sotong mengeluarkan tinta pertahanannya.

Villa dan Cottage di Pulau Tegal Mas

Pulau Tegal Mas juga dibangun villa maupun cottage yang alami seperti kayu dan jerami. Penataan cottagenya yang indah membuat sangat instragamable. Tiap cottage di Pulau Tegal Mas ini disewakan dengan harga Rp 3 juta. Tapi tenang, harga itu untuk 6 orang karena kapasitas 1 cottage untuk enam orang.

Harga ini pun sudah termasuk transportasi laut dari dermaga Pantai Sari Ringgung menuju ke Pulau Tegal Mas, snorkeling dan bermain kano di pantainya.

Lokasi dan Cara Menuju Pulau Tegal Mas

Untuk bisa sampai ke Pulau Tegal Mas yang terletak di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung ini dari Bandar Lampung cukup ditempuh dengan jarak 24 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan. 

Untuk menuju ke Pulau Tegal Mas pun bisa dilakukan baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Setiba di Desa Gebang langsung masuk ke komplek wisata Pantai Sari Ringgung dan menuju ke dermaga khusus yang menuju ke Pulau Tegal Mas.

Tiket Masuk

Untuk pengunjung biasa, pengelola akan mengenakan tiket masuk Rp25 ribu perorang. Disana pengunjung bisa bermain di pasir pantai yang putih, berenang dan berfoto ria di cottage yang ada di Pulau Tegal Mas.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama