Lampung Traveller

Air Terjun Putri Malu, Identitas lain dari Way Kanan

 

Air Terjun Putri Malu

Air terjun Putri Malu adalah keindahan mutlak dari sebuah curug, karenanya ia menjadi identitas tersendiri bagi Kabupaten Way Kanan.

Uap-uap air yang hadir dari besarnya debit air yang jatuh ke kolam utama itu menghadirkan pelangi yang menenangkan ketika diterpa sinar matahari pagi yang hangat. Tempat ini jauh terasa damai dari berbagai hiruk pikuk kepentingan.

Air terjun setinggi lebih dari 80 meter ini membentuk cincin alam raksasa diantara celah keluarnya air bening sekaligus bersih dari alur sungai induknya.

Airnya yang bening sekaligus segar memberikan sensasi ketenangan luar biasa ketika berendam di kolam air terjun Putri Malu yang tidak terlalu dalam.

Sejarah Air Terjun Putri Malu

Tak ada literasi khusus mengenai keberadaan air terjun ini di penduduk setempat, termasuk alasan penamaan air terjun ini, kisah-kisah yang berkembang seperti kaitan dengan putri dari Raja Juku, penguasa Kerajaan Menanga Siamang hingga mimpi warga setempat perihal keberadaan seorang putri pemalu yang kerap pergi ke air terjun ini pun hanya sekedar folklore-folklore semata untuk menguatkan keindahan air terjun ini.

Hal yang paling mendekati seputar alasan penamaan air terjun ini lebih kepada lokasinya yang berada cukup terpencil di kawasan hutan Register 24 yang bersanding dengan perkebunan warga sekitar hingga aksesnya yang lumayan jauh dari permukiman membuatnya terkesan seperti Putri Malu.

Keindahan Putri Malu

Air terjun Putri Malu sebenarnya sudah diketahui warga khususnya masyarakat Kecamatan Banjit sejak lama. Warga kerap menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam yang tak hanya sekeda mengagumi keindahan air terjun tapi keberadaan tebing-tebing tinggi yang menjulang yang mengapit air terjun ini terasa seperti hendak melindungi air terjun ini.

Tepat di bagian bawah dinding air terjun yang bersisian langsung dengan kolam utamanya dan terlihat mencolok dengan warna hijaunya yang lembut membuat  tanaman sejenis rumput yang tumbuh di dinding batu karst terasa kontras dan kian melengkapi keindahan air terjun ini.

Selain itu, ketinggian air terjun yang terasa menjulang makin membangun atmosfer kemegahan air terjun ini tak hanya di Kabupaten Way Kanan, tapi juga air-air terjun lain yang ada di Lampung.

Aliran air terjun Putri Malu ini jika ditelusuri berasal dari aliran sungai besar yang melintasi hampir seluruh wilayah Kabupaten Way Kanan hingga Belitang (Sumatera Selatan) yakni; Way Umpu, sebagai sungai paling penting di Kabupaten Way Kanan.

Dari induk sungai utamanya; Way Umpu inilah kemudian mengaliri cabang-cabang anak sungai lain yang ada di Kabupaten Way Kanan termasuk di Kecamatan Banjit hingga mengarah ke air terjun Putri Malu.

Air Terjun Putri Malu


Daya Tarik Putri Malu

Keberadaan air terjun ini mampu memberikan daya tarik tersendiri tak hanya bagi masyarakat Way Kanan, tapi juga masyarakat dari daerah lain di Provinsi Lampung maupun daerah lain yang berdekatan dengan Way Kanan seperti Sumatera Selatan.

Debit airnya yang besar dan tak pernah terpengaruh oleh musim termasuk di saat kemarau sekalipun membuktikan jika daerah tangkapan air yang menjadi penyuplai air menuju air terjun ini masih terjaga dengan baik ekosistemnya.

Karena besarnya debit air terjun ini pula, suara gemuruhnya bahkan sudah terdengar hingga beratus-ratus meter jaraknya, dan terasa seperti sebuah panggilan untuk menyambanginya.

Trekking Seru menuju Air Terjun Putri Malu

Seiring dengan kian dikenalnya air terjun ini, pemerintah Kabupaten Way Kanan membenahi berbagai infrastruktur menuju ke air terjun ini agar lebih representatif.

Sejumlah pos-pos peristirahatan di sekitar jembatan menuju air terjun dibangun secara khusus untuk opsi bagi para wisatawan yang hendak beristirahat sambil menikmati keindahan dan ketenangan suasana di sekitar lokasi menuju air terjun.

Baca Juga: Ekowisata Teluk Kiluan Bangkit Setelah Pandemi

Bermain Air

Berenang atau sekedar bermain air di air terjun ini memang menjadi pilihan utama bagi wisatawan ketika berkunjung kesini.

Airnya yang jernih sekaligus sejuk mampu memberikan sensasi tersendiri. Bahkan, penduduk setempat mengakui jika di pagi hari kolam air terjun ini kerap disambangi hewan seperti menjangan yang hendak meminum air dari air terjun yang masih amat bersih ini.

Air Terjun Putri Malu


Latar Foto

Keindahan alam di air terjun ini juga kerap menjadi sasaran para wisatan untuk menunjukkan eksistensinya dengan latar air terjun yang megah dan menawan.

Lokasi dan Tarif Masuk ke Air Terjun Putri Malu

Air terjun ini terletak di kawasan hutan Register 24, Kampung Jukubatu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan atau berjarak sekitar 207 kilometer dari Kota Bandar Lampung dengan jarak tempuh memakan waktu sekitar 5 jam perjalanan.

Tiap pengunjung yang hendak menikmati keindahan air terjun Putri Malu ini dikenai biaya Rp. 20 ribu perorang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama