Lampung Traveller

Saatnya UMKM Naik Kelas dan Go Digital

 

Saatnya UMKM Naik Kelas bersama ARDHosting



Sudah saatnya UMKM Indonesia naik kelas dan go digital untuk bersaing di pasar dunia melalui dukungan ARDHosting sebagai Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia.


Kementerian Koperasi dan UMKM mencatat sampai dengan Juni 2022 terdapat sebanyak 64 juta pelaku UMKM di Indonesia. Dari jumlah itu, terdapat sebanyak 19,5 juta pelaku usaha UMKM yang telah masuk dan menjadi bagian dari ekosistem digital.

Jumlah UMKM yang masuk dalam ekosistem digital ini terus bertambah seiring dengan kian pesatnya perkembangan teknologi digital untuk menunjang sekaligus menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Terlebih lagi, saat ini aktivitas transaksi lebih banyak dilakukan secara online termasuk untuk semua produk UMKM. Hal ini ditunjukkan dengan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut sebanyak 83 persen pelaku UMKM amat mengandalkan transaksi produknya secara digital.

Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM juga menargetkan hingga tahun 2024 mendatang akan ada sebanyak 30 juta UMKM yang masuk dalam ekosistem digital. Tujuannya adalah untuk menciptakan ekosistem khusus UMKM yang akan disandingkan dengan berbagai pengadaan barang maupun jasa pemerintah untuk lebih memprioritaskan penggunaan produk asli dalam negeri.

Program ini tentu menjadi peluang besar bagi UMKM. Dengan digitalisasi produk UMKM, selain bisa memperluas peluang pasar juga sangat efektif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM secara signifikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.


Saatnya UMKM Naik Kelas bersama ARDHosting


Pentingnya Website bagi UMKM

Di era transformasi digital yang serba praktis seperti saat ini, pelaku UMKM memang dituntut untuk menyesuaikan perkembangan teknologi dalam hal memperluas jangkauan pasar dan mempromosikan produk secara lebih terarah kepada konsumennya.

Salah satu penunjang utama keberhasilan bisnis bagi pelaku UMKM adalah membangun branding produknya secara eksklusif melalui website. Banyak pelaku UMKM yang berhasil membangun produknya hingga dikenal lebih luas di masyarakat melalui website.

Pelaku UMKM yang memiliki website sendiri juga akan terlihat lebih profesional dan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

Karena keberadaan website diakui sangat efektif untuk memberikan nilai lebih bagi pelaku UMKM di mata masyarakat sebagai konsumennya.

Terlebih, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam Profil Internet di Indonesia tahun 2022 menunjukkan jika terdapat sebanyak 210 juta pengguna internet yang memanfaatkan internet untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja online hingga mencari informasi.

Peluang ini tentu amat menjanjikan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pangsa pasarnya dengan naik kelas melalui go digital yang lebih mengedepankan teknologi sebagai sarana untuk mengoptimalkan potensi keuntungan yang lebih besar.

Apalagi, saat ini untuk membangun sebuah website tidak membutuhkan biaya yang mahal dan tak harus memiliki kemampuan programing yang mumpuni, bahkan untuk pemula sekalipun bisa dengan mudah membuat website. Selain itu, berikut sejumlah keunggulan website untuk pelaku UMKM;

Baca Juga: Menjadi Nasabah Bijak di Era Digital

Membangun Branding dan Profesionalitas Bisnis

Sebuah bisnis UMKM yang memiliki website dan yang tidak, jelas memiliki perbedaan yang signifikan di mata konsumennya. Diakui atau tidak, website sangat efektif untuk membangun branding sebuah produk agar lebih dipercaya oleh konsumennya.

Terlebih, di era digital seperti saat ini, konsumen amat selektif dalam melakukan transaksi secara online untuk menghindari kemungkinan terjadinya aksi penipuan maupun kejahatan siber.

Ada kecenderungan di masyarakat untuk lebih memilih produk yang dikelola secara profesional melalui website resmi karena konsumen tak hanya sekedar membeli produk tapi juga memperoleh informasi penting tentang manfaat dan kelebihan produk sehingga lebih menjamin kualitas dan profesionalitas sebuah bisnis.

Kadar kepercayaan masyarakat selaku konsumen terhadap produk yang dikelola secara profesional melalui website resmi jauh lebih tinggi, dan itu berarti akan sangat efektif untuk meningkatkan nilai lebih (value) produk di mata konsumen.

Baca Juga: Kain Sulam Jelujur Asal Pesawaran Ramaikan New York Indonesia Fashion Week

Daya Jangkau yang Lebih Luas

Dengan website pula, pelaku bisnis UMKM sangat mungkin untuk menjangkau pasar yang lebih luas karena produknya bisa di akses oleh siapapun di seluruh dunia, kapan saja dan dimana saja.

Semakin banyak konsumen yang mengakses website maka peluang peningkatan transaksi bisnis juga semakin besar. Karena, konsumen bisa dengan mudah mengakses informasi maupun produknya secara cepat dan lebih terarah.

Website Efektif untuk Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Masyarakat selaku konsumen pada umumnya menginginkan interaksi secara langsung dengan produsen. Tujuannya adalah untuk mengenal lebih dekat produk yang ia beli sehingga muncul rasa kepercayaan yang tinggi terhadap kualitas produk tersebut.

Sedangkan dari sisi produsen, keberadaan website sangat efektif untuk membangun loyalitas konsumen untuk terus membeli produk dengan membangun faktor kedekatan secara langsung dengan konsumen melalui interaksi yang dibangun melalui website.

Menjadi Sumber Informasi Resmi dari Produk yang Dipasarkan

Keberadaan website juga menjadi sumber informasi resmi bagi pelaku bisnis untuk menghindari kemungkinan persaingan antar kompetitor yang cenderung negatif.

Dengan website, masyarakat sebagai konsumen akan menjadikan informasi yang ada di website sebagai rujukan resmi yang terpercaya untuk berbagai informasi produk sehingga meminimalisir kemungkinan persaingan yang tidak sehat.

Hemat Biaya Iklan dan Promosi

Keberadaan website juga mampu menekan biaya promosi dan iklan. Karena, selama ini biaya promosi maupun iklan membutuhkan biaya besar yang sangat memberatkan. Dengan website, biaya promosi dan iklan bisa ditekan seminimal mungkin dengan memaksimalkan dan mengoptimasi website agar lebih banyak dikunjungi oleh konsumen.

Memilih Jasa Penyedia Hosting Terpercaya dan Berkualitas

Setelah mengetahui berbagai manfaat penting dari website untuk menunjang penjualan dan menjangkau lebih banyak konsumen. Penting pula mengetahui dan memilih jasa penyedia hosting yang bisa diandalkan, berkualitas sekaligus murah untuk pelaku UMKM.

Memilih jasa hosting memang harus selektif, karena penyedia hosting yang profesional akan sangat mampu menunjang eksistensi dan pengembangan produk melalui website dengan jaminan yang meliputi kemudahan dan kecepatan akses, dukungan layanan, lokasi, keamanan hingga harganya yang terjangkau.

Saatnya UMKM Naik Kelas bersama ARDHosting

Saatnya UMKM Indonesia Naik Kelas...



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama