Lampung Traveller

Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah

Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Kebanyakan orang cenderung menuntut bahwa kedai kopi harus sesuai ekspektasi yang pada akhirnya menjadi bias dan tak punya konsep dan mubazir. Tapi, Rumah Kebun 99 adalah pengecualian itu. Kedai ala halaman belakang rumah ini malah terasa lebih nyaman dan yakin dengan konsep ruang terbuka hijau yang terasa lebih sederhana tapi kuat dari sisi makna.

Apa yang dihadirkan Rumah Kebun 99 memang berhasil mematahkan mitos bahwa kedai kopi harus terlihat glamour dengan desain-desain yang eksentrik sementara esensi dari menikmati kopi itu sendiri menjadi hilang.

Tak ada ornamen yang terlihat mencolok di kedai ini, semua punya daya tarik yang setara dan nilai lebih pada tempat ini adalah semangat untuk menumbuhkan rasa bahwa sudah selayaknya siapapun menghargai kesederhanaan sebagai sesuatu yang paling jujur.


Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Menikmati Ruang Terbuka Hijau ala Rumah Kebun 99

Apa yang dihadirkan oleh Rumah Kebun 99 adalah selayaknya ruang terbuka hijau yang tanpa kita sadari menjadi kebutuhan penting sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan jiwa untuk sesuatu yang menenangkan secara psikologis.

Siapapun yang datang ke tempat ini memang hampir seperti beranjak ke pekarangan belakang rumah masing-masing. Penataan taman yang terasa manis, hingga tetumbuhan hijau yang sejuk mampu memberikan kesan teduh sekaligus rasa nyaman.

Berada disini memang benar-benar membawa siapapun ke suasana ruang terbuka yang serba hijau yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota yang penuh dengan kepentingan. Di Rumah Kebun 99, segala macam penat apalagi tuntutan pekerjaan hingga permasalahan hidup memang seketika luruh, seperti ‘ekstase’.

Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Konsep  Rumah Kebun 99

Kedai ini memang ada untuk membawa pengunjung untuk benar-benar menikmati sajian, sedangkan nuansa yang dihadirkan pada Rumah Kebun 99 berusaha mengiringinya sebagai bagian dari pelengkap suasana yang mampu menghadirkan rasa nyaman baik dari menu hingga atmosfer yang berusaha dihadirkan di kedai ini.

Menggabungkan konsep ruang terbuka hijau dengan desain vintage hingga penempatan meja maupun kursi yang menyesuaikan keadaan sebuah ruang menjadi terasa lebih mudah termasuk pada kedai ini.

Hampir tak ada ornamen serba mewah yang menghiasinya, justru sebaliknya, pengelola kedai ini memang benar-benar berusaha ‘mengeksploitasi’ ruang terbuka hijau sesungguhnya yang akhirnya berhasil memberikan sesuatu yang berbeda untuk pengunjungnya.

Lihat saja, sebuah pondok berbentuk rumah mungil dengan desain kerucut yang sepenuhnya memanfaatkan kayu sebagai material utamanya mampu menunjang suasana yang lebih natural.


Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Desain Tanpa Sekat ala Rumah Kebun 99

Meski tanaman hijau hingga tanaman bonsai banyak mendominasi kedai ini, namun pengelolanya seolah tak ingin membangun kesan eksklusif pada kedainya, karena disini semuanya di desain tanpa sekat.

Dan konsep ini membuat siapapun bisa jauh lebih lepas tanpa harus terganggu oleh hiruk pikuk pengunjung lain apalagi harus terganggu privasinya, karena sejatinya kedai outdoor dengan tema ruang terbuka hijau ini memang berfungsi untuk itu.


Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Desain Vintage

Beberapa perabotan termasuk aksen-aksen yang berbau vintage juga dihadirkan di kedai ini, mulai dari kursi-kursi teras yang terbuat dari kayu dengan model yang jadul hingga penempatan sepeda ‘jengki’ di depan meja barista terasa lebih lengkap.

Sebagaimana konsep pekarangan belakang rumah pada masyarakat kampung yang selalu menjadikan halaman belakang rumah sebagai ‘spot rekreasi’ keluarga yang ornamen hingga desainnya dibuat benar-benar berdasarkan kesukaan pemiliknya.

Dominasi Ornamen Kayu

Rumah Kebun 99 juga menanggalkan sepenuhnya kesan modern maupun futuristik pada desain, penataan tempat hingga ornamen yang mereka gunakan. Bahkan hampir seluruh ornamen di kedai ini memanfaatkan kayu sebagai bahan material utamanya sehingga terasa lebih menyatu dengan konsep yang berusaha mereka hadirkan.

Disini, Anda bisa melihat kursi-kursi kayu sederhana hingga rangka-rangka atap yang mengekspos tulang maupun rangka konstruksi yang terbuat dari kayu.

Menu Rumah Kebun 99

Pada awalnya, kedai yang mulai dibuka sejak tahun 2021 ini memang fokus pada produk olahan kopi, namun kemudian dikembangkan menjadi sebuah kedai hingga saat ini.

Banyak menu yang ditawarkan dengan harga relatif terjangkau di kedai ini, melalui dua pilihan menu utama yakni makanan dan minuman;


Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Makanan

Di kedai ini terdapat beragam menu makanan baik ringan maupun berat seperti; dimsum, banana crispy, kentang sosis hingga sempol ayam. Sedang untuk menu makanan beratnya, terdapat rice bowl, nasi goreng hingga olahan mie.


Rumah Kebun 99, Bukti bahwa Kedai Kopi Tak Selamanya Harus Mewah


Minuman

Sedangkan untuk menu minumannya, Rumah Kebun 99 yang pada awalnya adalah sebuah kopi roastery dengan nama Rajabasa Coffee ini memiliki banyak varian menu minuman seperti; V60, espresso, americano hingga kopi tubruk.

Dan untuk pilihan minuman dinginnya terdapat; es kopi susu caramel, es kopi susu HZ hingga es kopi susu RK. Untuk pilihan menu minuman non kopinya terdapat pula red velvet, taro, charcoal, avocado hingga susu aren.

Lokasi dan Jam Buka

Rumah Kebun 99 terletak di Jalan Karya Nomor 100, Kelurahan Rajabasa Nunyai, Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung. Kedai ini buka setiap hari mulai dari pukul 16.00 – 23.00 setiap harinya.



 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama