Lampung Traveller

Pantai Tanjung Setia, Menaklukkan Ganasnya Ombak Besar Jalur Samudera Hindia

Pantai Tanjung Setia, Menaklukan Ganasnya Ombak Besar Jalur Samudera Hindia


Pantai Tanjung Setia menjadi satu dari sedikit destinasi di Lampung yang telah amat mendunia. Karenanya, tak aneh jika melihat seliweran bule-bule dari berbagai negara di pantai ini, dengan ciri mereka yang amat identik; papan surfing.

Disini, ombak setinggi hingga 8 meter bukan lagi fenomena tapi justru menjadi pemicu adrenalin untuk para peselancar menaklukkan kuatnya ombak besar yang menjadi jalur utama gelombang Samudera Hindia di pantai barat.

Ombak tinggi yang menggulung dengan panjang hingga 200 meter menjadi kekhasan arus kuat Samudera Hindia.

Karenanya, tak heran jika pantai ini menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2016 lalu karena menjadi tempat untuk berselancar yang paling populer dari berbagai pantai lain di Indonesia yang juga memiliki ombak yang masuk dalam kriteria untuk ‘ditunggangi’ dengan papan surfing.

Mengenal Pantai Tanjung Setia

Sebelum terkenal seperti saat ini, Tanjung Setia lebih dianggap sebagai ‘momok’ oleh masyarakat setempat. Karena dianggap memiliki ombak yang terbilang tinggi dan amat dihindari oleh warga setempat.

Namun, setelah sejumlah wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini dan melihat besarnya potensi Pantai Tanjung Setia untuk dijadikan spot untuk surfing, akhirnya pantai ini dikelola secara profesional.

Beberapa peselancar terkenal bahkan menganggap Tanjung Setia sangat ideal dan memenuhi kriteria lokasi selancar yang memiliki line up paling menarik untuk ditaklukan karena jalur ombaknya (pipeline) yang demikian panjang.

Kerennya lagi, permukaan pantai ini juga amat minim dari batuan karang sehingga dianggap aman untuk melakukan selancar.

Rentang alur ombaknya yang cukup panjang hingga 200 meter juga memiliki peluang untuk para peselancar melakukan paddle out yang lebih nyaman karena jalur maupun alur gulungan ombaknya yang lapang sehingga para peselancar bisa bergerak dengan bebas ketika menunggangi ombak.


Pantai Tanjung Setia, Menaklukan Ganasnya Ombak Besar Jalur Samudera Hindia


Daya Tarik Pantai Tanjung Setia

Pantai ini tak hanya menawarkan spot surfing saja, tapi juga bentang alamnya yang indah, hingga permukaan pantainya yang jernih maupun pasir pantainya yang bersih. Di beberapa spot, pengunjung bahkan bisa menyalurkan hobi untuk memancing untuk merasakan sensasi ganasnya ikan-ikan yang hidup di pantai berarus kuat ini.

Surfing di Pantai Tanjung Setia

Surfing memang menjadi daya tarik utama. Di bulan-bulan tertentu, seperti di awal tahun dan pertengahan tahun, pantai ini akan disesaki oleh para peselancar yang khusus datang ke pantai ini dan tinggal dengan waktu yang cukup lama untuk terus berusaha menaklukan ombak Samudera Hindia di garis Tanjung Setia.

Beberapa spot surfing di pantai ini bahkan memiliki grade-grade tertentu sehingga bisa disesuaikan termasuk untuk peselancar pemula agar tak menjadi oknum yang cenderung wave hog bagi peselancar profesional lain.

1.       Spot Karang Nimbor (Ujung Bocor)

Di spot ini, memang lebih ditujukan untuk peselancar profesional, karena tinggi gulungan ombaknya atau pipeline bisa mencapai 7 meter dengan panjang rentang ombak hingga 200 meter sehingga puluhan peselancar bisa menunggangi ombak dalam waktu yang bersamaan.

2.       Spot Way Jambu (Setan Sejati)

Spot ini oleh masyarakat setempat dikenal dengan ‘Setan Sejati’ karena gulungan ombaknya yang juga tak kalah panjang sejak dari tengah laut hingga ke bibir pantai. Di spot ini, tinggi ombak juga relatif beragam namun memiliki tinggi rata-rata hingga 8 meter.

3.       Spot Jimmy

Spot surfing yang satu ini memang lebih ideal untuk para peselancar pemula, karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi namun tetap ideal untuk berselancar terlebih bagi surfer pemula.

Lokasi Event World Surf League


Pantai Tanjung Setia, Menaklukan Ganasnya Ombak Besar Jalur Samudera Hindia


Selain itu, pantai ini juga menjadi lokasi pelaksanaan event World Surf League Krui Pro yang menjadi event tahunan yang dilangsungkan tiap bulan Juni, yang diikuti oleh berbagai peselancar kelas dunia untuk menaklukan ombak pantai Tanjung Setia.

Keindahan Bentang Alam Pantai Tanjung Setia

Pantai ini tak melulu tentang selancar. Ada banyak keindahan yang ditawarkan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, khususnya bentang alamnya yang berpadu dengan tebing-tebing bukit dengan rimbunnya pepohonan sehingga terasa kontras dengan pemandangan pantai yang menghadap langsung Samudera Hindia ini.

Spot Memancing


Pantai Tanjung Setia, Menaklukan Ganasnya Ombak Besar Jalur Samudera Hindia


Di salah satu spot Pantai Tanjung Setia juga menjadi titik paling ideal untuk para pehobi mancing. Berbagai jenis ikan karang khususnya ikan-ikan laut yang hidup di perairan dengan gelombang yang kuat seperti ikan Blue Marlin atau yang dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Iwa Tuhuk menjadi rumpon alami yang sangat menantang untuk ditaklukan.

Memancing dari bibir pantai, para pemancing akan merasakan sensasi tarikan kuat dari ikan-ikan yang ada di Pantai Tanjung Setia ini.

Keramahan Penduduk

Sudah sejak lama penduduk yang ada di Kabupaten Pesisir Barat terkenal dengan keramahannya. Wisatawan bahkan bisa berinteraksi secara langsung dan merasakan denyut nadi kehidupan penduduk setempat mulai dari ikut mencari getah damar hingga melihat langsung para pengrajin papan selancar.

Lokasi Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia terletak di Pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat yang berjarak sekitar 8 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Untuk menuju pantai ini pun relatif mudah karena telah banyak akomodasi yang melayani hingga ke wilayah Kecamatan Pesisir Selatan, terlebih lagi pantai ini terletak di tepian jalan utama.



 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama