Lampung Traveller

Inovasi Polytron bantu UMKM Laundry Rumahan Raih Untung Maksimal

 

Inovasi Polytron bantu UMKM Laundry Rumahan Raih Untung Maksimal

 

Inovasi Polytron terbukti sangat efektif membantu UMKM laundry rumahan mengembangkan usaha dan meraih untung maksimal.


Lewat tulisan ini, saya ingin membagikan sedikit kisah inspiratif dari kerabat saya yang berhasil mengembangkan usaha laundry rumahannya hingga menjadi besar seperti sekarang.

Namanya Bambang Setianto. Awalnya, ia adalah karyawan sebuah pabrik makanan olahan di Kabupaten Lampung Selatan. 

Namun, ketika pandemi Covid-19 terjadi, ia dan puluhan karyawan lainnya terpaksa harus dirumahkan karena perusahaan tempatnya bekerja ikut terkena dampak.

Berbekal uang pesangon yang jumlahnya tidak terlalu besar ditambah uang tabungan yang ada, ia berupaya untuk mencari peluang usaha lain untuk menafkahi keluarganya. 

Karena, untuk bisa kembali bekerja ketika pandemi berlangsung, rasanya tak mungkin. Sebab, hampir semua industri waktu itu terkena dampak pandemi.

Disisi lain, Bambang Setianto juga tak memiliki keahlian apa-apa, karena ia hanyalah lulusan sekolah menengah atas.

Memulai Usaha Laundry Rumahan

Setelah melalui berbagai pertimbangan serta menghitung besaran modal yang dibutuhkan dan survey sana-sini. Pilihan usaha akhirnya jatuh pada usaha laundry rumahan.

Memilih usaha laundry rumahan dianggap Bambang sebagai solusi paling ideal berdasarkan faktor pertimbangan modal yang dibutuhkan serta minimnya keahlian yang ia miliki.

Dibantu oleh istrinya, Bambang mulai menjalankan usaha laundry rumahan, dengan hanya bermodal dua mesin cuci merek Polytron serta peralatan seadanya, termasuk setrika pakaian pun masih menggunakan setrika rumahnya untuk menghemat biaya pengeluaran.

Baca Juga: Saatnya UMKM Naik Kelas dan Go Digital

Pertimbangan Memilih Mesin Cuci Polytron

Ketika memulai usaha, Bambang memang amat selektif dalam memilih mesin cuci yang akan ia gunakan untuk usaha. Faktor kualitas, daya tahan hingga harga yang terjangkau menjadi pertimbangan utama buatnya. Ia bahkan melakukan survey terlebih dahulu ke sejumlah usaha laundry.

“Entah kebetulan atau tidak, tiga dari lima laundry yang saya survey sebelumnya, itu semua pakenya mesin cuci merek Polytron. Alasan mereka karena mesin cuci Polytron lebih awet, hemat listrik, harga juga lebih terjangkau dan perawatannya mudah, dari situ saya kemudian menyimpulkan kalau saya juga harus pake mesin cuci Polytron,” kata Bambang.

Inovasi Mesin Cuci Polytron yang Bebas Virus, Kuman dan Bakteri jadi Nilai Tambah untuk Usaha Laundry

Mesin cuci Polytron pertama yang ia beli dari uang pesangon dan tabungannya adalah mesin cuci Front Loading Inverter Polytron Wonderwash 8 KG – PFL 8101 sebanyak dua unit.

Banyak keunggulan yang ditawarkan mesin cuci Polytron ini, mulai dari kapasitasnya yang besar, konsumsi listriknya yang rendah, serta pakaian yang lebih cepat kering.

Selain itu ada keunggulan lain berupa inovasi dari mesin cuci merek Polytron yang justru menjadikan usaha laundry rumahannya kian ramai yakni teknologi steam wash atau teknologi pencucian dengan uap panas hingga 90’C, agar pakaian hasil cucian lebih bersih dan bebas dari virus, bakteri dan kuman.

“Dari inovasi Polytron itu, saya kemudian mendapat ide untuk menambahkan keuntungan bagi konsumen yang menggunakan jasa laundry di tempat saya yaitu hasil pakaian yang lebih bersih, bebas virus, kuman dan bakteri, apalagi saat itu memang sedang terjadi pandemi, sehingga kian banyak masyarakat yang menjadi langganan saya,” kenang Bambang.

Selain itu dari sisi layanan, untuk memudahkan pelanggannya,  Bambang juga melayani antar jemput bagi yang ingin menggunakan jasa laundry yang ia kelola.

Baca Juga: Menjadi Nasabah Bijak di Era Digital


Inovasi Polytron bantu UMKM Laundry Rumahan Raih Untung Maksimal
Bambang dan anaknya mengantarkan pakaian pelanggannya

Di awal-awal menjalankan usaha laundry, Bambang hanya dibantu oleh istrinya. Terkadang mereka harus bekerja hingga malam hari untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

Namun perlahan, seiring dengan semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan jasa laundry mereka, akhirnya Bambang memutuskan untuk mencari karyawan untuk lebih memaksimalkan lagi pelayanannya kepada pelanggan.

Pilihan Tepat Menggunakan Mesin Cuci Polytron sebagai Penopang Usaha Laundry

Inovasi Polytron bantu UMKM Laundry Rumahan Raih Untung Maksimal


Keputusan Bambang untuk menggunakan mesin cuci Polytron  memang tidak salah. Selama dua tahun menjalankan usaha laundry, mesin cuci ini tidak pernah rewel meskipun digunakan sesering mungkin.

Sejak pertama kali menggunakan mesin cuci Polytron hingga saat ini, ia tak pernah menemukan kendala yang berarti, bahkan bermodal dua mesin cuci yang pertama kali ia beli untuk usaha, kini ia menambah satu mesin cuci baru untuk semakin meningkatkan omzet usaha laundry yang ia jalankan.

“Enaknya pake mesin cuci Polytron itu lebih cepat kering, listriknya juga irit jadi benar-benar bisa untung maksimal. Satu lagi, penggunaan airnya juga sangat irit, meskipun musim kemarau, usaha laundry saya tetap lancar,” ujar Bambang.

Kini, baik Bambang maupun istrinya tak lagi harus bersusah payah menjalankan usahanya, sudah ada tiga orang karyawan yang membantu pekerjaan mereka.

Tak hanya itu saja, jerih payah ia dan istrinya mengembangkan usaha laundry rumahan selama dua tahun itu pula, Bambang berhasil membeli satu unit sepeda motor baru.

Sekelumit kisah Bambang yang mampu bertahan dan bahkan menjadi sukses melalui usaha laundry rumahan yang ia jalankan, membuktikan bahwa pentingnya semangat pantang menyerah dalam menjalankan usaha.

Selain itu dukungan perangkat penunjang usaha yang tepat juga penting dalam memulai sebuah usaha.

Inovasi Polytron Sukses Maksimalkan Keuntungan UMKM

Salah satu keberhasilan usaha laundry yang dijalankan oleh Bambang Setianto ini memang tidak terlepas dari produk mesin cuci buatan Polytron yang selama ini identik dengan berbagai inovasi paling mutakhir dan selalu menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Selama 47 tahun berkiprah, Polytron memang selalu berupaya menghadirkan berbagai inovasi unggulan yang membuat produk Polytron selalu selangkah lebih maju.

Jika selama ini produk elektronik buatan Polytron terkenal dengan kualitas serta daya tahannya yang awet hingga harganya yang terjangkau, Polytron juga selalu menjadikan inovasi sebagai hal utama untuk menjadi pemimpin pasar elektronik di Indonesia.

Melalui proses riset dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk yang bermutu, menjadikan Polytron tetap terdepan dalam hal teknologi yang memudahkan para penggunanya.

Inovasi Mesin Cuci dengan Fitur Berteknologi Tinggi

Inovasi Polytron bantu UMKM Laundry Rumahan Raih Untung Maksimal


Salah satu produk elektronik buatan Polytron yang dibekali teknologi berkualitas tinggi itu adalah mesin cuci front loading seri Wonder Wash yang memiliki banyak fitur unggulan, berikut beberapa keunggulannya;

Fitur Smart Add Wash yang Memudahkan Proses Mencuci

Fitur Smart Add Wash akan memudahkan penggunanya untuk menambahkan jumlah pakaian yang belum dicuci tanpa harus mengulang pengaturan mesin cuci dari awal atau mencuci ulang.

Fitur ini akan sangat membantu proses pencucian dengan tetap memberikan kualitas hasil cucian yang tetap maksimal.

Teknologi Steam Wash, 99 Persen Bebas Virus, Kuman dan Bakteri serta Efektif Hilangkan Noda

Fitur steam wash atau pencucian dengan uap panas hingga 90 derajat Celcius menjamin pakaian lebih bersih serta terbebas dari virus, bakteri dan kuman.

Teknologi mencuci dengan uap panas ini tentu menjadi kebutuhan penting terlebih di era new normal seperti saat ini, dimana semua orang harus menjaga lingkungan yang sehat dan bersih dari berbagai virus, kuman dan bakteri yang amat mungkin hinggap di pakaian.

Selain itu, pencucian dengan uap panas ini juga efektif untuk menghilangkan noda dan melenturkan pakaian serta menghilangkan residu atau jamur yang berasal dari deterjen sehingga pakaian selalu bersih.

Teknologi Direct Drive Inverter yang Hemat Listrik

Teknologi Direct Drive Inverter mampu meminimalisir tingkat konsumsi daya listrik pada saat mesin cuci digunakan. Dan sebagai jaminannya, Polytron juga memberikan masa garansi yang sangat panjang hingga 10 tahun untuk motor penggeraknya.

Teknologi Ultra Silent Noise

Mesin cuci Front Loading Wonder Wash ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ultra Silent Noise yang menggunakan motor penggerak yang telah ditanamkan sedemikian rupa pada drum mesin cuci, sehingga  mencuci menjadi lebih nyaman dan senyap tanpa harus khawatir dengan suara mesin cuci yang membuat bising.

Turbo Dry Efektif Keringkan Pakaian hingga 100%

Teknologi Turbo Dry yang disematkan pada mesin cuci Wonder Wash Polytron ini mampu mengeringkan pakaian hingga 100% tanpa harus khawatir pakaian terasa lembab akibat proses pengeringan yang tidak maksimal.

Teknologi ini mampu mendeteksi secara otomatis tingkat kelembapan dan mengatur mode pengeringan secara otomatis hingga pakaian benar-benar kering secara maksimal.

Fitur My Favorite

Sebagai produk elektronik yang sudah ditunjang dengan teknologi terkini, mesin cuci buatan Polytron ini juga dilengkapi dengan fitur My Favorite yang memungkinkan Anda untuk menggunakan mode pencucian yang sama seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

Cukup dengan menekan tombol My Favorite maka mesin cuci akan langsung melakukan proses pencucian dengan proses yang sama berdasarkan pada history dari proses pencucian sebelumnya.

47 Tahun Polytron Berkiprah Maju untuk Terus Berinovasi dan Bernilai

Selama lebih dari empat dekade Polytron telah berkiprah sebagai produsen elektronik terkemuka di Indonesia menjadikannya untuk terus konsisten melakukan berbagai inovasi-inovasi sehingga menjadi produk nasional kebanggaan bangsa yang bernilai tinggi.


Kemampuan Polytron dalam memenuhi berbagai produk elektronik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan teknologi kekinian, membuatnya terasa begitu dekat di hati masyarakat termasuk para pengusaha UMKM yang mengandalkan produk Polytron untuk kelangsungan usahanya.


Lewat inovasi ini pulalah, Polytron tetap eksis dan menunjukkan eksistensinya dengan produk elektronik berkualitas tinggi dengan harga yang sangat terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama