Lampung Traveller

Kebangkitan Pariwisata Indonesia Ditengah Mahalnya Harga Tiket Pesawat: Mimpi!

Kebangkitan Pariwisata Indonesia Ditengah Mahalnya Harga Tiket Pesawat: Mimpi!


Pasca pandemi, optimisme terhadap kebangkitan pariwisata menjadi sebuah keniscayaan. Namun disisi lain, di saat optimisme kebangkitan pariwisata Indonesia itu berbanding terbalik dengan mahalnya harga tiket pesawat.

Mahalnya harga tiket pesawat itu, jelas bukan kabar yang baik untuk kebangkitan pariwisata di Indonesia. Karena, wisatawan mancanegara jelas akan berpikir dua kali untuk mengunjungi Indonesia.

Buruknya model kerjasama antar regulator ini yang kemudian membuat optimisme kebangkitan pariwisata Indonesia itu seolah hanya tinggal mimpi.

Baca Juga: Krakatau Travel Mart, Gairah Baru Pariwisata Lampung

Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Pasca pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memang bersemangat mempromosikan keindahan Indonesia melalui berbagai forum.

Menteri Parekraf, Sandiaga Uno bahkan harus berkeliling nusantara untuk membangkitkan kembali semangat pariwisata. Ia bahkan tak kenal lelah mempromosikan pariwisata Indonesia ke berbagai belahan dunia.

Program-program pariwisata digagas secara serius termasuk desa wisata hingga membangun infrastruktur pendukung.

Kebangkitan Pariwisata Indonesia tak Didukung Semua Pihak

Namun kerja keras, Menteri Sandiaga Uno itu sepertinya hanya berjalan sendiri, banyak regulator lain yang tak mendukung upaya kebangkitan pariwisata Indonesia itu.

Salah satunya dari sektor penyedia layanan transportasi yang menerapkan tarif yang sangat mahal, keadaan ini jelas membuat minat wisatawan mancanegara maupun domestik enggan berkeliling Indonesia.

Tiket Pesawat Mahal!

Salah satunya adalah tiket pesawat yang sangat mahal, dan ini dialami langsung oleh Gubernur BI atau Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang menilai saat ini harga tiket pesawat malah meningkat.

Perry mengeluhkan mahalnya harga tiket pesawat itu setelah mengunjungi Wakatobi dan Raja Ampat. 

Tingginya harga tiket itu menjadi bumerang bagi kebangkitan pariwisata Indonesia.

"Saya baru saja dari Wakatobi dan Raja Ampat, tiket pesawatnya luar biasa mahal, bahkan mahal banget ya. Itu yang menjadi masalah secara nasional yang perlu kita atasi bersama," ungkap Perry.

Pariwisata Indonesia Perlu Didukung

Oleh karena itu, pemerintah harus mendukung kebangkitan pariwisata Indonesia melalui program-program strategis yang menarik minat kunjungan wisatawan.

Salah satunya tentu saja mengakomodir harga tiket transportasi ke Indonesia yang terjangkau dan ramah bagi wisatawan.




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama