Lampung Traveller

Pesta Budaya Blangikhan 2023

Pesta Budaya Blangikhan 2023

 

Blangiran (blangikhan) warisan tak benda dari Provinsi Lampung yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu sebagai warisan nenek moyang masyarakat Lampung.

Makna Blangikhan

Ritual Blangiran merupakan tradisi yang bertujuan menyucikan hati sebagai bekal memasuki bulan Ramadan. Sehingga diharapkan dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan khusyuk tiada aral maupun rintangan.

Blangiran sendiri berarti mandi suci atau mandi bersama untuk bersuci, atau mandi tobat dari segala dosa selama ini. Karena ritual ini ditujukan untuk menyambut bulan suci ramadhan, maka harus disucikan jiwa dan raganya agar tidak mengotori bulan yang penuh dengan kesucian dan keberkahan.

Blangiran berasal dari kata langir yang berarti mandi. Mandi yang dimaksud bukanlah mandi-mandi biasa pada umumnya mnelainkan yang tanpa tujuan khusus.

Baca Juga: Kebangkitan Pariwisata Ditengah Mahalnya Harga Tiket Pesawat

Prosesi Blangikhan

Ada perlengkapan yang digunakan saat belangiran diadakan yakni Air Langir, bunga tujuh rupa, daun pandan dan setanggi. Air langir yang digunakan dalam prosesi blangiran menggunakan air dari tujuh sungai yang berada di sekitar tempat berlangsungnya blangiran. 

Biasanya air ini diambil dua hari sebelum prosesi blangiran dilaksanakan. Air yang sudah diambil ini dipisahkan satu sama lain dan juga disesuaikan dengan beberapa kepala keluarga yang akan mengikuti prosesi belangiran. Masing-masing satu keluarga mendapat satu gayung air langir.

Air langir merupakan air yang diambil dari tujuh sungai (mata air) yang berbeda yang dicampur menggunakan bunga tujuh rupa, daun pandan dan sedikit setanggi. 

Air ini kemudian dikumpulkan dalam satu lokasi yang diletakkan di dalam konde (kendi) pada siang hari oleh para mekhanai. Pada malam harinya muli Ada perlengkapan yang digunakan saat belangiran diadakan yakni Air Langir, bunga tujuh rupa, daun pandan dan setanggi. Air langir yang digunakan dalam prosesi belangiran menggunakan air dari tujuh sungai yang ada.

Pesta Budaya Blangikhan

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H tahun 2023, Dinas Pariwisata Lampung menggelar Pesta Budaya Blangikhan yang akan berlangsung di Bumi Kedaton Resort Bandar Lampung pada 9 Maret 2023.

Pesta Budaya Blangikhan yang merupakan rangkaian Festival Krakatau 2023 (Road to K-Fest 2023) ini merupakan hasil kerjasama Pemprov Lampung dengan Lampung Sai sebagai upaya pelestarian adat Lampung yang luhur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama